Selayang pandang tentang National Statistical System

Definisi dari National Statistical System (NSS) adalah kumpulan  seluruh organisasi dan unit statistik dalam suatu negara  mulai dari mengumpulkan, mengolah dan mendiseminasikannya atas nama pemerintah nasional.

Ada 2 bagian dari NSS yaitu bagian pertama adalah The National Statistical Office (NSO) atau seringkali disebut sebagai National Statistical Institute (NSI) adalah lembaga statistik yang ditunjuk sebagai pimpinan oleh NSS. Bagian kedua adalah Other producers of official statistics. Tentunya ini adalah yang di luar dari NSO.

National Statistical Office (NSO) secara garis besar akan bertindak sebagai kordinator dari NSS. NSO dikepalai oleh Kepala Statistik. Tugas NSO selain kordinasi adalah kompilasi dan diseminasi dari offcial statistics. Kemudian mengatur produksi dari statistik yang baru sehingga sesuai dengan kebutuhan user. Dan mengkomunikasikan dengan kantor statistik internasional atas nama NSS.

Other Producers adalah lembaga pemerintah lainnya seperti kementrian atau bank central. Juga bisa sebuah lembaga pendidikan atau swasta yang terlibat dalam produksi official statistics. Other Producers ini juga terikan pada standard dan legalitas yang sama dengan NSO.


Terdapat 2(dua) jenis dari sentralisasi NSS yaitu Subject-matter dan Regional (geographical).

Subject-Matter Centralization
Dalam Centralized by Subject-Matter, NSO menghasilkan statistik paling banyak dengan berbagai bidang materi. Sedangkan Decentralized by subject-matter, lembaga lainnya (seperti kementrian) bertanggungjawab terhadap bidang pokok masing-masing.  Baik Centralized maupun Decentralized punya keuntungannya masing-masing.
Keuntungan Centralized : konsentrasi staf khusus dan peralatan/perlengkapan, koordinasi dalam satu kantor, profil NSO tinggi.
Keuntungan DeCentralized : Setiap lembaga tetap terkait erat dengan keahlian dan kebijakan pokok, penggunaan data administratif lebih mudah, pemilihan Kepala Statistik untuk NSO jika tidak baik akan memiliki pengaruh yang lebih terbatas.

Regional Centralization
Regionally centralized : satu lokasi kantor bertanggungjawab terhadap seluruh operasi. Regionally decentralized : beberapa kntor regional berkontribusi terhadap produksi statistik. Kantor-kantor ini jika melapor secara langsung ke kantor pusat maka disebut sebagai teratur vertikal.


Koordinasi

Koordinasi dibutuhkan untuk mengharmonisasi konsep, definisi, klas dan sampling frame. Juga untuk menghindari usaha yang mubazir serta meminimalkan beban dari responden. Terakhir adalah untuk memperkaya citra dari official statistic sebuah negara.

Beberapa other producer dari official statistics seringkali menolak kerjasama/koordinasi dikarenakan mereka tidak ingin melanggar independensinya.  Beberapa pendorong yang dilakukan agar other producer itu mau bekerjasama/koordinasi dengan NSO adalah dengan cara berbagi informasi dan keahlian dari NSO sesuai dengan bidang yang ditekuni oleh other producer tersebut. Mengijinkan other producer tersebut mempunyai suara dalam kegiatan statistik dalam skala luas yang sedang dilaksanakan oleh NSO. Pendorong lainnya tentunya dalah perundang-undangan yang mengharuskan kordinasi tersebut terjadi.

Mekanisme Koordinasi

Tool yang digunakan untuk melakukan koordinasi adalah payung hukum dari official statistik, klasifikasi statistic dan budgetary control.

Badan-badan untuk koordinasi (hosted by NSO) adalah Komite Antar Lembaga dan Dewan Statistic Nasional. NSO wajib memfasilitasi badan-badan koordinasi ini namun tanpa mengontrol penuh badan-badan ini.

Dewan Statistik Nasional biasanya terdiri dari pemerintah, sektor swasta dan kampus dengan program studi official statistics. Dewan ini akan melakukan saran yang tidakberpihak, dan dari sudut pandang profesional.  Dewan secara independed akan memberikan saran dari prioritas NSS. Dewan ini bisa jadi berada di atas dari Komite Antar Lembaga atau independen dari mereka. Beberapa Dewa Statistik Nasional juga mempunyai Komite Penasehat untuk mendiskusikan secara lebih spesifik terkait isu teknis.


Kepala Statistik

Kepala Statistik adalah biasanya pimpinan dari NSO. Sangat penting jika Kepala Statistik ini bukan dari kalangan partai politik di sebuah negara.  Kompetensi dari Kepala Statistik adalah Ahli secara profesional dalam hal statistik, paham akan administrasi dan mengerti apa yang user inginkan. Tanggungjawab dari Kepala Statistik adalah menjadi penghubung kepada lembaga pemerintah terkait dengan administrasi. Kepala Statistik juga bertindak sebagai Kepala Koordinator NSS dan mewakili NSS dalam pertukaran internasional.


Isi dari Hukum Statistik

  1. Bagaimana NSS dikordinasikan, tanggungjawab dari NSO, kemana harus lapor
  2. Kepala Statistik, tanggungjawabnya, durasi jabatan
  3. Other Producers of Official Statistics, tanggungjawab dari other produces, prosedur pertemuan dari pimpinan lembaga-lembaga
  4. Dewan Statistik, keanggotaan, pekerjaan, hubungan dengan Kepala Statistik dan aturan di NSS
  5. Program Statistik, bagaimana program, tahunan dan multi-year dibuat dan dimplementasikan. Biasanya NSO (bersama Kepala Statistik) yang in-charge dari program yang melibatkan other producers.
  6. Pengumpulan data dan penanganannya, sharing data, kerahasiaan data, administrative , microdata dll
  7. Diseminasi, jadwal rilis, metadata, distiction dari official statistic

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *