Mengenal Official Statistics

Tidak ada sebuah konsesus internasional yang mendefinisikan apa itu Official Statistics (statistik yang resmi, tapi mulai tulisan ini dan seterusnya, saya akan tetap menggunakan istilah ini dalam bahasa Inggrisnya). Salah satu definisi yang bisa digunakan yaitu bahwa Official Statistic adalah statistik yang dihasilkan berdasarkan sebuah standar kualitas yang ketat dan dirilis secara resmi oleh lembaga pemerintahan atau organisasi internasional yang bergerak di bidang publik.

Ada 3 (tiga) kriteria yang sangat perlu diperhatikan untuk bisa mengganggap sebuah statistik menjadi sebuah official statistics yaitu  yang pertama adalah Kualitas. Tidak semua statistik yang dihasilkan oleh lembaga pemerintahan dan organisasi internasional memenuhi standard kualitas sehingga bisa disebut sebagai official statistics. Kriteria yang kedua adalah Releasing Agency. Siapapun yang melakukan usaha untuk menghasilkan sebuah statistik baik swasta, kampus dan yang lainnya, maka yang berhak merilis sebuah official statistics adalah tetap yaitu lembaga pemerintah atau organisasi internasional. Kriteria yang terakhir adalah Akses Publik. Sebuah official statistics adalah sebuah barang publik, untuk itulah ia haruslah bisa diakses oleh semua orang.

Sejarah Perkembangan dari Official Statistics

  • Pertenganan Tahun 1800, William Petty menemukan “Political Arithmetic” yang membuat terjadinya pengumpulan catatan populasi secara empiris dan persiapan life tables.
  • Tahun 1662, Ealry sampling, John Graunt mempublikasikan perkiraan kasar dari jumlah penduduk London berdasarkan catatan kematian.
  • Tahun 1756, negara Swedia dan Finlandia membentuk Tabelkommisionen, yaitu sebuah lembaga statistik untuk pertama kalinya, untuk menghasilkan statistik populasi secara rutin.
  • Tahun 1846, Supervisor dari statistik di Belgia mengembangkan metode sensus dan sudah menggunakannya di Belgia.
  • Tahun 1895, Anders Kiaer Direktur Statistik Norwegia mengadakan large-scale sample survey menggunakan metoda representasif versi dia sendiri
  • Tahun 1924, The International Statistical Institute mempelajari metode representatif dari Kiaer tersebut
  • Tahun 1947, United Nations Statistical Commision mengadakan regular sessionnya yang pertama dan membentuk sub komite dari statistical sampling, dipimpin oleh Prasanta Chandra Mahalanobis
  • Tahun 1953, System of National Accounts pertamakali dirilis di bawah Komisi Statistik PBB
  • Tahun 1970an, Kantor Statistik PBB bekerjasama dengan anggotanya membangun System of Social and Demographic Statistics
  • Tahun 1994, Komisi Statistik PBB mengadopsi Fundamental Principle of Official Statistics yang ditemukan Tahun 1992 oleh UNECE
  • Tahun 1990 an, Environmental Statistics secara resmi menjadi bagian dari official statistics.
  • Tahun 2010an, Big Data for Official Statistics dibuat di tahun 2014 untuk melakukan penelitian terhadap keuntungan dan tantangan penggunaan Big Data untuk official statistics.

Sejarah SAMPLE SURVEYS
Tahun 1662 John Graunt membuat sebuah perkiraan kasar dari jumlah total populasi London dengan cara menggabungkan informasi dari jumlah total pemakaman dan mengamati birth rate per capita dalam sebuah  sampel. Akhir 1800 dan awal 1900-an, komunitas statistik internasional akhirnya melihat lebih dekat lagi tentang sampling setelah Anders Kiaer mempresentasikan metode samplingnya di Norwegia. Pada Tahun 1925 International Statistical Institue (ISI) akhinrya memberikan dukungan terhadap sampling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *