Prinsip Dasar dari Official Statistics (PBB)

Terdapat 10 (sepuluh) prinsip dasar yang mengatur produksi dari official statistics. Prinsip ini sudah bertahan lebih dari 25 tahun. Prinsip ini nantinya akan membantu memastikan kualitas dari official statistics dan menjaga reputasi kepercayaan dari lembaga statistik.

1. Relevansi, Ketidakberpihakan dan Akses yang sama
Official Statistics merupakan elemen yang sangat diperlukan dalam sebuah masyarakat yang demokratis, untuk memenuhi kebutuhan baik pemerintah, ekonomi dan masyarakat akan data tentang ekonomi, demografi, sosial dan lingkungan. Untuk itu official statistics yang sudah memenuhi persyaratan, akan dikompilasi dan akan disediakan kepada publik tanpa keberpihakan apapun, sebagai bentuk juga penyediaan hak warga negara atas informasi publik.

2. Etika dan Standard Internasional
Untuk memastikan bahwa official statistics dapat dipercaya, seluruh lembaga statistics harus selalu mempertimbangkan segala hal secara ketat dan profesional. Hal ini termasuk etika profesionalitas metode dan prosedur dari pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan dan presentasi dari data statistik.

3. Akuntabel dan Transparan
Untuk memastikan pemahaman data agar sesuai dengan yang diinginkan maka lembaga statistik harus mempresentasikan informasi menurut standar ilmiah baik untuk pada sumber, metoda dan prosedur yang dilakukan.

4. Pencegahan penyalahgunaan
Lembaga statistik berhak memberikan komentar pada interpretasi yang keliru dan jika terjadi penyalahgunaan statistik.

5. Sumber dari Official Statistics
Pemilihan sumber haruslah mengacu pada kualitas, waktu, biaya dan tentu saja tidak membebani responden.

6. Rahasia
Data pribadi/individu yang dikumpulkan haruslah diperlakukan sebagai data yang rahasia dan digunakan secara eksklusif untuk tujuan statistik.

7. Perundang-undangan
Hukum, peraturan dan ukran yang ada pada sistem statistics harus dipublikasikan.

8. Koordinasi secara nasional
Dibutuhkan kerjasama dan koordinasi diantara lembaga statistik untuk memastikan konsistensi dan efisiensi dari sistem statistik.

9. Standard Internasional
Untuk memastikan konsistensi dan efisiensi dari sistem statistik di seluruh level.

10. Kerjasama Internasional
Kerjasama bilateral dan multilateral dalam statistik dapat meningkatkan sistem statistik di seluruh negara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *