Becoming an Android Apps Developer

sumber : URL Gambar

Mengapa harus Android ? Pada saat tulisan ini saya buat, pertanyaan tadi sepertinya tidak perlu dijawab lagi. Smartphone dengan sistem operasi Android adalah smartphone terfavorit di negeri ini. Memang saya tidak pegang data terkait hal itu, tetapi jika dipikir secara logika dan fakta di lapangan saja bahwa harga smartphone Android jauh lebih murah dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS ataupun Windows Phone. Jadi masuk akal jika Android adalah HP sejuta umat 🙂

Nah mengetahui hal tersebut, maka secara logika akan ada banyak aplikasi untuk Android di dunia. Coba kunjungi Google PlayStore. Demikian banyaknya ada aplikasi dari yang gratis sampai yang berbayar.  Itu artinya menguntungkan juga jika kita mau menjadi seorang pengembang aplikasi Android. Tapi bagaimana caranya ? Coba simak deh ..

1. KONEKSI INTERNET
Ini adalah persyaratan utama yang harus kita miliki jika ingin menjadi seorang pengembang aplikasi Android. Koneksi internet ini akan sangat-sangat kita perlukan untuk mencari referensi-referensi terkait dengan Android. Dan jangan lupa, Android adalah besutan dari Google, dimana untuk bisa memanfaatkan layanannya tentunya harus terkoneksi dengan internet. Apa harus kencang ? Tidak juga, yang penting selalu terhubung dengan internet.

2.MENGUASAI JAVA
Java yang dimaksudkan di sini tentunya bukan pulau Jawa. Java di sini adalah sebuah bahasa pemrograman. Untuk bisa belajar Java, kita harus minimal ambil kuliah pemgrogaman komputer dulu lah, atau bisa ambil kursus pendek terkait pemrograman. Tapi biasanya jarang sih ada kursus yang mau ngajarin bahasa pemrograman dengan detil dan terstruktur.

3.PUNYA KOMPUTER/LAPTOP YANG KENCANG
Nah ini, untuk kebaikan bersama, maka sangat direkomendasikan untuk mempunyai laptop or PC dengan kekuatan penuh. Software yang akan digunakan untuk membuat aplikasi Android adalah Android Studio. Untuk menjalankan aplikasi ini dengan kekuatan penuh, laptop kita harus berkecepatan tinggi dengan memori yang gede juga. Harddisk berjenis SSD sangat direkomendasikan, kalau bisa memorinya RAM nya 32Gb. Kalau saya pastinya akan menggunakan Macbook Pro untuk bikin aplikasinya. Bukan iklan tapi memang jauh akan lebih handal.

4. SEMANGAT DAN BELAJAR SERTA BEKERJA KERAS PANTANG MENYERAH
Ini adalah hal yang sangat klise tapi percayalah, ini satu-satunya cara agar kita bisa sukses mewujudkan sebuah ide untuk menjadi sebuah aplikasi. Kalau ini kita tidak punyai, maka selamat tinggal kesuksesan.

Sudah segitu saja caranya untuk bisa sukses menjadi seorang pengembang aplikasi Android. Membuat sebuah aplikasi di Android itu adalah tantangan tersendiri. Versi dari Android sangat beragam dengan membawa requirement nya masing-masing. Belum lagi ukuran layar yang sangat super variatif sehingga seorang programmer sangat disibukkan dengan kompatibiltas terhadap antar perangkat.  Tapi disitulah letak seninya he he ..  Ok , selamat belajar dan menikmati menjadi seorang pengembang aplikasi Android. Ditunggu kehadirannya untuk bergabung dengan para pengembang-pengembang lokal Indonesia. Merdeka !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *