Pelatihan Komputer di Balai Pemasyarakatan Denpasar

Halo halo pembaca yang budiman, berjumpa kembali dengan tulisan saya. Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pelatihan komputer di Balai Pemasyarakatan Denpasar. Sebelumnya tentunya saya perlu tuliskan lagi bahwa saya secara pribadi dan bersama ITM Bali, selain mengerjakan berbagai aplikasi komputer juga menyelenggarakan pelatihan TIK untuk pribadi maupun korporat (perusahaan). Untuk materi, waktu dan biaya, semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ya barangkali saja ada diantara pembaca yang ingin juga mengadakan pelatiha inhouse bisa hubungi saya di ITMBALI.COM 0361-427698 atau langsung titip pesan di web ini saja.

Hari Rabu 12 September 2018 ini kebetulan saya bersama ITM Bali menjadi instruktur di Balai Pemasyarakatan Denpasar untuk memberikan materi penajaman seputar penggunaan TIK pada pekerjaan kantor Balai. Seperti biasa, pekerjaan kantor sudah bisa terselesaikan menggunakan Microsoft Office (Word dan Excel). Namun mengingat Balai sudah mulai menggunakan aplikasi untuk sistem surat serta laporan ke pusat maka diperlukan enhanced sedikit terkait kemampuan penggunaan word dan aplikasi lainnya untuk mendukung pekerjaan.

Bapas Denpasar September 2018

Untuk hal itu maka materi awal yang diberikan adalah dasar-dasar dari Adobe Photoshop. Namun jangan salah, Photoshop yang dipelajari tentunya bukan untuk kegunaan sebagai tukang cetak foto atau desain grafis, melainkan basic featurenya yang betul-betul mendukung pekerjaan kantor seperti memperbesar dan mengecilkan gambar/foto, mencerahkan (brightness dan contrast) serta memotong beberapa bagian dari foto. Hal ini diperlukan karena ada banyak laporan yang berisikan foto-foto. Materi selanjutnya adalah bagaimana foto ini bisa dimasukkan ke dalam Microsoft Word serta bagaimana trik penggunaan Tabel di Word. Materi penutup yang diberikan adalah bekerja dengan PDF.  Nah aplikasi yang dibahas adalah aplikasi Adobe Acrobat. Aplikasi ini rupanya menjadi kunci aplikasi yang ternyata menjawab keseluruhan dari apa yang diinginkan oleh Balai. Materi PDF ini dimulai dengan menciptakan file PDF, melakukan reduce size (memperkecil ukuran file PDF), menggabungkan beberapa file menjadi sebuah file PDF serta melakukan editing terhadap PDF.

Bapas Denpasar September 2018

Kegiatan pelatihan ditutup dengan uji coba langsung ke pekerjaan di Balai. Jadi diambilah sebuah bundel dokumen dan langsung dipraktekkan sampai menjadi sebuah laporan dan dikirimkan via aplikasi. Targetnya adalah seluruh bagain yang akan menerima surat dapat dengan mudah melakukan editing dengan cepat dan hasil yang memuaskan terutama juga agar pengiriman dokumen via internet menjadi tidak lambat.

Demikian cerita sekilas pelatihan kali ini, nah kembali lagi bagi pembaca yang berkeinginan mengadakan pelatihan komputer di perusahaan / sekolah dan sejenisnya bahkan pribadi, bisa langsung info saja ke ITM Bali 0361.427698 atau ITMBALI.COM atau tinggalkan jejak di sini ya. Harga, waktu, materi semuanya bisa disesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *